Tuesday, September 26, 2006

Si hitam manis (it was) kembali jadi idola

Akhir-akhir ini aku cukup akrab dengan kereta api jurusan Sby-Blitar. Yang ngerti kereta pasti tau kalo tuh kereta kelasnya ekonomi. Tampaknya KAI belum rela untuk menyediakan kelas bisnis apalagi eksekutif untuk jurusan yang satu ini. Musti sabar ya warga Blitar (inlclude kepanjen, sumber pucung, wlingi, garum delele) :D

Alasan keakrabanku dengan si kereta tak lain karena alternatif berkendara yang masih bisa dipastikan waktu tempuhnya ya si kereta ini (meskipun dengan toleransi keterlambatan yang boleh dibilang tidak jarang terjadi alias sering). Bayangin aja, sejak si lumpur panas itu terus terusan nyembur, jarak Gempol-Porong yang hanya beberapa kilo baru bisa ditempuh setelah lewat 1 jam dengan angkutan bis or mobil. Bukan gak mungkin bisa lebih. Sempet sampek 5 jam. Ujian kesabaran bisa lewat sini kali ya .. hehe. Eh iya, sama satu lagi alasannya, murah banget .. hehe

Back to the train. Sebenernya banyak cerita-cerita menarik yang terjadi selama beberapa kali aku jadi pelanggan setia ”Penataran”, meski cuman once a week. Malah kalo mo direnungin lagi, cerita-cerita itu bisa jadi pelajaran hidup (ciee.. dalem banget).

Pelajaran pertama, sabar. Sebelum si kereta yang hendak kita tumpangi dateng, kita musti sabar nunggu. Jadwal keberangkatan seringkali bener2 gak sesuai alias ngaret. Molornya bisa sampe sejam. Musti sabar juga kalo kereta sering jalan lambat dan musti berhenti karena kres dengan kereta laen. Namanya juga ekonomi je ..

Kedua, semangat. Begitu kereta dateng, kita musti siap-siap melakukan penyambutan dengan berjajar rapi di tepian sepanjang jalur kereta. Ini semata-mata untuk memudahkan kita mendekat ke pintu dan bergegas masuk untuk mendapatkan tempat duduk. Bayangin aja kalo sampe kota tujuan ku yang nun jauh di sana musti berdiri, capek pastinya. Berebut ? boleh dibilang gitu. First in first sit lah .. hehe

Ketiga, ikhlas berbagi. Satu gerbong kereta bisa jadi memuat lebih dari kapasitasnya. Gak bisa liat longgar dikit, pasti penumpang lain tanpa sungkan-sungkan akan menawarkan diri untuk ikutan duduk di bangku itu. ”Permisi mbak, nunut dikit ya ...”

Keempat, bersosialisasi dan negosiasi. Namanya juga kereta ekonomi, sebagian besar penumpangnya pastilah kelas menengah ke bawah. Tapi jangan salah, sejak adanya balada lumpur panas, sepertinya kelas apa pun rela buat naek kereta ini lengkap dengan segala kondisinya. Alhasil kereta jadi makin diburu dan makin sesak di dalamnya. Di sepanjang perjalanan akan ada interaksi dengan teman perjalanan kita. Sekedar nanyain tujuan, asal atau bahkan sampai kenalan dan bisa berujung bisnis. How knows ? Yang lucu, kalo pas kita lagi gak dapet duduk pasti segera nanya tujuan orang yg duduk di deket kita. Kalo deket, deketin terus aja buat indent tempatnya. Kalo ternyata jauh ... pelan2 deh musti cari mangsa laennya .. hehe.

Ting tong, ting tong, .. kereta penataran jurusan surabaya blitar segera diberangkatkan ... Eits .. kereta dah mo berangkat tuh .. keburu ditinggal .. Dah dulu ya .. Daaaggg :D

3 comments:

Dianekawhy said...

Wow .. ternyata sekarang kamu jadi roker ya nies ... hehe. Rombongan Kereta. Istilah buat para pemakai kereta di sini. Bjubelnya udah kayak kereta jabotabek ya?
Ternyata imbas lumpur udah kemana2 ya ... *sigh
Semoga semua cepat teratasi.

Anonymous said...

kelima : tebar pesona... hehe..

aNisa, said...

gimane mo tp2 atuh .. produksi minyak di muka ngalah2in kilang, keringet gak tau bearoma apa, mabok aja kali yang sampe sempet terpesona .. hehe ..pisss!