Friday, November 12, 2004

Fitri ?

Beberapa hari ke depan InsyaAllah kita akan dipertemukan kembali dengan Hari Raya Idul Fitri. Berarti udah setahun lewat dari hari raya idul fitri tahun kemaren. Setahun ... waktu yang cukup panjang dalam hitungan tapi terasa cepat dalam perjalanannya. Udah ngapain aja ya setahun kemaren ?

Andai kita punya copy catatan amal perbuatan kita seperti yang udah dicatat para malaikat, bakal seperti apa ekspresi kita saat melihatnya? Sepertinya kita akan terhenyak dengan banyaknya catatan kecil yang berisi peringatan buat kita. Yang artinya, banyak hal buruk yang kita lakukan dan sesegera mungkin butuh perbaikan.

Pintu menuju fitri sudah dibuka dari awal Syawal pada tahun sebelumnya, sebelumnya, dan sebelum-sebelumnya lagi. Begitu lebar dan panjang pintu yang terbuka membuat kita terlena dan bersikap menunda. Besok aja deh, besoknya lagi, besoknya lagi ... sampai akhirnya ... tak terasa Idul Fitri tahun berikutnya sudah tinggal menghitung hari.

Astaghfirullahaladzim ... sungguh berdosa hambamu ini yang telah melewatkan waktu dengan kesia-siaan. Pantas kah jika di hari yang fitri esok hamba merasakan nikmatnya kefitrian itu ? Begitu banyak kealpaan yang sengaja kami lakukan. Ya Allah ... karuniakanlah kepada kami usia yang bermanfaat, yang mampu kami isi dengan pengabdian atas ridlo-Mu sehingga kami pantas untuk mendapatkan fitri itu.

Amin.


No comments: